Sabtu, 29 Desember 2018

Manfaat Meminum dan Efek Samping yang Ditimbulkan dari Susu Kambing

Susu kambing merupakan produk yang kini banyak beredar di pasaran. Ia dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mampu menyembuhkan penyakit tertentu. Hal Itu tidak lepas dari peran beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Seperti apa saja?

Khasiat Meminum Susu Kambing

Sesuai namanya, kambing etawa merupakan jenis kambing unggulan dari distrik Etawah, India.

Manfaat Meminum dan Efek Samping yang Ditimbulkan dari Susu Kambing

Seperti sapi, ia tidak hanya diternakkan untuk diambil dagingnya, tapi juga susunya.

Produk susu yang dihasilkan oleh hewan tersebut mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berdasarkan hasil penelitian, 

Di dalamnya terdapat sejumlah gizi, seperti kalsium, fosfor, sodium dan lain-lain. Sehingga, ia dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi sehari-hari.

Jadi, Anda bisa beli susu kambing dan meminumnya secara rutin untuk memperoleh benefit-benefit, seperti:

#1. Imunitas Tubuh Meningkat

Berdasarkan penelitian, Flourin yang terkandung dalam produk tersebut 10-100 kali lebih tinggi dibanding susu sapi.

Zat itu sendiri bermanfaat untuk menambah imunitas tubuh secara alami dan baik dikonsumsi mereka yang sedang dalam masa penyembuhan.

#2. Peradangan Dapat Diatasi

Susu kambing etawa merupakan anti inflamasi alami sehingga sangat pas digunakan untuk menghilangkan radang.

Bila dibandingkan dengan susu sapi, dalam produk tersebut ada gelembung lemak yang mampu memecah diri menjadi bagian terkecil.

Dengan keadaan yang demikian, mengonsumsi susu tersebut bisa mempermudah kinerja organ-organ pencernaan.

Selain itu, ia juga mempunyai sifat probiotik yang dapat menyokong perkembangan sistem percernaan supaya lebih baik.

#3. Sistem Pencernaan Lancar

Tentu Anda sudah tahu, bahwa asam lemak esensial memiliki peranan yang amat penting bagi kelancaran sistem pencernaan.

Pada produk itu sendiri, kandungannya cukup tinggi, yakni sekitar 35%, dua kali lipat dari yang terdapat pada susu sapi.

Agar manfaatnya bisa dirasakan, sebaiknya Anda meminum goat milk yang masih belum dimasak. Di samping memperbaiki digestive system, ia juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

#4. Tekanan Darah Normal

Daging kambing memang mengandung banyak kolesterol yang tidak baik untuk para penderita hipertensi. Tapi, susunya justru mampu menetralkan tekanan darah dalam tubuh karena mengandung potassium (kalium).

#5. Diabetes Bisa Disembuhkan

Asam Amino Esensial dan A2-Betakasein dalam goat milk berperan dalam membantu produksi insulin sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.

Tapi, untuk tujuan ini, Anda harus mengonsumsi susu segar yang berasal dari peternakannya langsung.

Bila sudah diberi tambahan gula atau diolah menjadi susu bubuk yang berbahan pengawet, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu pada dokter.

#6. Asma dan TBC Dapat Diobati

Goat milk dipercaya dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan, seperti asma, TBC serta flek paru-paru. Sebab, sebagaimana yang sudah disampaikan, ia kaya akan kandungan Flourin dan Betakasein.

#7. Baik Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Wanita hamil dapat mengonsumsi produk tersebut sebagai gizi tambahan supaya janin lebih sehat. Sedangkan ibu yang menyusui bisa memanfaatkannya sebagai pelancar ASI.

Efek Samping Minum Susu Kambing Etawa

Meski mempunyai segudang manfaat, produk yang dapat dibeli di jual susu kambing tersebut menimbulkan reaksi-reaksi tertentu.

Tapi, tidak begitu membahayakan. Efek sampingnya antara lain:

#1. Sakit Kepala

Disebabkan oleh kurangnya kadar air dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih.

#2. Mual

Jika Anda mengalami rasa mual atau ingin muntah, berarti terjadi masalah pada liver atau sistem pencernaan. Sebaiknya, minum susu kambing etawa sesudah sarapan atau makan siang.

#3. Lemas dan Nyeri

Kondisi ini terjadi karena tubuh melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun. Reaksi tersebut sangat wajar, jadi Anda tidak perlu berhenti meminumnya.

#4. Mulas dan Sering Buang Angin

Berkaitan dengan efek samping sebelumnya, mulas dan kerap buang angin merupakan dampak dari proses detoksifikasi. Itu menandakan bahwa sistem saluran pencernaan tengah diperbaiki. Oleh karenanya, Anda dapat melanjutkan konsumsi susu sesuai aturan.

#5. Kulit Gatal atau Muncul Bintik-bintik Merah

Reaksi tersebut juga dialami karena adanya proses pembuangan toksin dari dalam tubuh, terutama bagi penderita gangguan hati.

Jika masih ringan, Anda tetap diperbolehkan minum susu itu, tapi bila cukup berat, lebih baik kurangi dosisnya.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya dengan mengonsumsi goat milk, Anda bisa mencukupi kebutuhan gizi dan meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya karena itu merupakan reaksi alami setelah meminum susu kambing yang ditimbulkan oleh pelepasan toksin.



EmoticonEmoticon